Polisi Bogorejo Intensif Patroli Kawasan Hutan Dimusim Hujan



Polisi Bogorejo patroli di wilayah hutan dan perbukitan.
Foto: Polsek Bogorejo

BLORA – Menindaklanjuti atensi dari Kapolres Blora Polda Jawa Tengah terkait penanggulangan bencana alam di wilayah  Kabupaten Blora. Kepolisian Sektor (Polsek)  Bogorejo intensif menggelar patroli di wilayah hutan dan perbukitan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya pembalakan liar dan antisipasi terjadinya bencana alam dimusim hujan di wilayah tersebut.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH Thamrin melalui Kapolsek Bogorejo AKP Nur Dwi Edi,SH,MH membeberkan bahwa, selain untuk mengantisipasi pencurian kayu negara, patroli juga untuk antisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung yang bisa saja terjadi di desa-desa di pinggiran hutan dan kawasan perbukitan sewaktu - waktu.

Untuk diketahui, beberapa desa di wilayah kecamatan Bogorejo adalah berlokasi di pinggiran hutan serta di lereng perbukitan.
Adapun patroli dilakukan dengan menggunakan kendaraan patroli Strada. 

Petugas Polsek Bogorejo patroli menyusuri kawasan hutan hingga perbatasan kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Kapolsek Bogorejo menjelaskan bahwa dalam patroli hutan tersebut, pihaknya juga menyampaikan pesan -  pesan kamtibmas kepada masyarakat sekitar hutan yang dijumpai anggota saat bertugas.

"Kita sampaikan warga agar ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. Jangan sampai merusak alam apalagi sampai melakukan pembalakan liar," ungkap  Kapolsek Bogorejo.

Masih kata Kapolsek AKP Nur Dwi Edi, jika hutannya lestari maka ekosistem alam pun bisa terjaga sehingga bisa meminimalisir terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Masyarakat juga diimbau agar selalu waspada terhadap bencana alam. Terutama warga yang tinggal di sekitar hutan dan perbukitan.

"Mari bersama kita jaga lingkungan, jika membersihkan atau membuka lahan persil di hutan mohon jangan dibakar karena dapat menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," tandas Kapolsek Bogorejo. (Polres/Redaksi)

Post a Comment

0 Comments