DPRK Nagan Raya Aceh Dukung Pengembangan Makam Pocut Meurah Intah Di Blora

BLORA - Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Senin siang (17/05/2021) kedatangan tamu special dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), wilayah paling barat di Indonesia. Yakni Hj. Puji Hartini, ST., MM., yang merupakan Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Blora, Puji Hartini, diterima Bupati di ruang tamu kantornya dan berdialog tentang potensi kerjasama antar daerah. Salah satunya pengembangan potensi sejarah berupa Makam Pocut Meurah Intan, salah satu tokoh pahlawan perempuan dari Bumi Rencong (Aceh) yang meninggal dan dimakamkan di Blora.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa berjumpa dan bersilahturahmi dengan Bapak Bupati Blora, saya menyebutnya Mas Arief. Kita diskusi banyak hal, salah satunya tentang rencana pengembangan makam Pocut Meurah Intan. Bagi rakyat Aceh, almarhumah ini merupakan perempuan pemberani pada zaman Belanda sampai diasingkan ke Blora,” ucap Puji.

Pihaknya sepakat dan mendukung rencana pemugaran dan pengembangan makam tersebut sebagai bentuk penghormatan serta bisa menjadi destinasi wisata sejarah bagi generasi muda.

“Kita siap memfasilitasi , menjadi penghubung antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan pemerintah Aceh nantinya,” sambung Puji, yang juga masih berdarah Blora ini.

Sementara itu, Bupati H.  Arief Rohman menyambut positif kedatangan Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, 
Puji Hartini di kantornya. Pihaknya meminta dukungan dan kerjasamanya agar bisa dihubungkan dengan Pemprov NAD atau Pemkab yang merupakan daerah asal Pocut Meurah Intan.

“Kita dari Blora pengennya juga bisa mengembangkan makam almarhumah, seperti halnya di Sumedang dengan makam Cut Nyak Dien. Namun karena keterbatasan anggaran Pemkab, kita ingin menjalin kerjasama dengan pemerintah Aceh, semoga kedepan bisa dikembangkan bersama menjadi tujuan wisata sejarah dan religi,” ujar Bupati.

Menurut Bupati H.  Arief Rohman, Pemerintah Kabupaten Blora siap untuk membuat surat yang ditujukan kepada Pemerintah Provinsi NAD.

“Jika memang harus berkirim surat, kita siap. Kita juga ingin agar setiap ada kunjungan warga Aceh ke Blora bisa melihat makam tokoh pahlawannya yang baik dan tertata rapi. Setiap tahun kita lakukan ziarah ketika Hari Pahlawan dan pada Hari Kartini,” tambah Bupati.

Usai berjumpa dengan Bupati, Puji dan rombongan bertolak menuju makam Pocut Meurah Intan untuk berziarah. Makam terletak di TPU Tegalsari, Desa Temurejo, Kecamatan Blora. Berjarak sekitar 4 kilometer arah utara dari Alun-alun Kota Blora. (Red)

Post a Comment

0 Comments