Merawat Kamera Anda Dengan Benar Agar Tetap Awet

INDONESIA - Memiliki kamera DSLR itu berarti Anda harus siap dengan perawatannya. Ya, kamera ini juga butuh perawatan agar lensanya selalu bersih dari debu. Selain itu, perawatan kamera DSLR juga dilakukan untuk menjaga kamera ini agar tetap awet. Cara merawat kamera DSLR yang tepat untuk  memang sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia kamera.

Tahukah Anda bahwa jamur bisa tumbuh di kamera DSLR yang tidak rutin dibersihkan? Oleh karena itu, jika Anda memiliki kamera DSLR maka lakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin. Kali ini, Carisinyal akan membagikan cara merawat kamera DSLR untuk pemula. Yuk, simak langkah-langkah selanjutnya berikut ini!

1. Jauhkan Kamera dari Air

Meskipun kamera DSLR Anda diklaim waterproof atau weather sealed, usahakan untuk tetap menjauhkan kamera dari air. Kamera DSLR sangat sensitif terhadap air. Air yang masuk ke dalam kamera bisa merusak komponen internal kamera DSLR Anda.

Selain itu, sisa air yang mengendap juga bisa membuat lensa berembun. Cara membersihkan lensa DSLR tanpa menggunakan air adalah dengan cleaning kit. Cleaning kit adalah rangkaian alat pembersih kamera agar tidak jamuran dan berdebu.

2. Jaga Kebersihan Lensa Kamera

Selalu jaga kebersihan lensa kamera Anda walaupun kamera tersebut tidak akan digunakan. Salah satu cara membersihkan lensa DSLR adalah menggunakan cleaning kit, tetapi Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke lensa, tapi semprotkan cairan ke lap microfiber, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa.

Di samping itu, selalu pasang lens cap ketika lensa sedang tidak digunakan. Lens cap akan melindungi lensa kamera Anda dari debu atau sidik jari. Tak hanya mampu menjaga lensa tetap bersih, lens cap juga menjaga lensa agar terlindung dari segala macam benturan.

3. Bawa Kamera Di Dalam Tas Khusus

Ketika Anda hendak membawa kamera untuk hunting foto, gunakan tas khusus untuk kamera DSLR. Tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis benturan. Di dalam tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi Anda.

Tas khusus ini akan melindungi kamera DSLR Anda agar tidak mudah rusak. Hindari memasukkan kamera ke dalam tas biasa atau tas ransel, karena tas tersebut tidak dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga kamera tetap aman.

4. Lengkapi LCD Kamera dengan Pelindung Layar

Sama seperti ponsel, cara merawat kamera DSLR khususnya pada bagian LCD-nya adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari. Bahkan, screen guard akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu.

Harga pelindung layar ini murah, tapi banyak fotografer yang lupa atau malas memasangnya. Padahal, pelindung layar adalah satu-satunya cara untuk menjaga layar LCD kamera agar tetap mulus dan bersih.

5. Bersihkan Body Kamera Secara Berkala

Perawatan tidak hanya dilakukan pada layar LCD saja, tapi juga pada body kamera. Usahakan untuk membersihkan body kamera Anda dengan minyak kayu putih. Mengapa? Karena minyak kayu putih lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sangat sedikit.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera. Aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poles kain tersebut ke seluruh body kamera. Jangan lupa untuk menjangkau karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera, karena bagian-bagian ini biasanya sering terlewatkan saat seseorang membersihkan body kamera DSLR.

6. Pasang Filter untuk Melindungi Lensa

Satu hal lagi yang harus diperhatikan jika Anda ingin merawat kamera DSLR agar tetap awet, jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa Anda. Tenang saja, pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto.

Sesuai dengan namanya, UV Filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, fungsi dari filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel di lensa. Filter juga harus dibersihkan secara berkala ketika Anda membersihkan lensa. Namun, Anda tidak perlu ekstra hati-hati saat membersihkan filter lensa ini, cukup gosok filter dengan kain halus saja.

7. Pasang Lens Hood pada Lensa

Apa fungsi dari lens hood? Apakah fungsinya hanya untuk membuat kamera DSLR jadi terlihat lebih keren? Tidak. Lens hood berguna untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Perlu Anda ketahui bahwa cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang ternyata bisa mengurangi kepekaan sensor itu sendiri.

Oleh karena itu, disaat Anda hunting foto di ruang terbuka pada siang hari, selalu gunakan lens hood dan UV filter. Sekedar informasi, harga lens hood juga tidak terlalu mahal.

8. Perhatikan Perawatan Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera Anda biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jadi, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan Anda harus segera mengganti baterai tersebut.

Cara merawat kamera DSLR agar baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila Anda sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

9. Gunakan Shoulder Strap Saat Mengambil Foto

Hal sederhana yang satu ini juga bagian dari merawat kamera. Ya, Anda harus menggunakan shoulder strapsaat sedang membidik gambar di mana pun Anda berada. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Anda sedang mengambil foto.

Karena kita tidak pernah tahu apa hal yang akan terjadi, shoulder strap menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman Anda. Harga shoulder strap ini murah, tapi mampu melindungi kamera Anda secara optimal.

10. Simpan Kamera Di Dry Box

Cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam dry box. Dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.

Dry box juga bermanfaat untuk melindungi kamera DSLR agar tidak jamuran. Karena menyimpan kamera di tempat yang lembab dapat membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.

Nah, itulah cara merawat kamera DSLR dari Carisinyalagar tetap awet dan bersih. Merawat kamera DSLR ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu keharusan bagi Anda yang memiliki kamera DSLR. Anda perlu merawat kamera secara berkala dan memperhatikan kebersihan dari setiap komponen yang melekat pada kamera. Semoga Bermanfaat, Salam Seger Waras. (Linda - CARISINYAL.C0M)

Post a Comment

0 Comments