Bonsai Kelapa, Hobby Bisa Raup Jutaan Rupiah

INDONESIA - Membuat tanaman bonsai dari kelapa adalah cara yang dapat di lakukan untuk para pemula seperti saya banyak artikel dari website lain membahas masalah ini. apa sajah sih yang perlu di lakukan agar taman bonsai tumbuh dengan cepat dan maksimal.

Banyak cara membuat bonsai kelapa  tanaman yang memiliki keindahan tersendiri dibandingkan jenis tanaman bonsai lainnya. Pohon kelapa sendiri merupakan salah satu tanaman yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dibuat bonsai. Salah satu variannya yang banyak diminati dan juga memiliki nilai jual ada yang memiliki cabang lebih dari satu.


Kelapa (Cocos nucifera) adalah masih anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecacea Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris) dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, dan buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan.

Di Indonesia, tumbuhan ini mampu dijumpai dengan gampang di pesisir pantai sampai daerah pegunungan. Hal ini dikarenakan kelapa adalah tanaman yng mampu mengikuti keadaan yang dengannya baik di banyak sekali kondisi lingkungan.

Pohon kelapa memiliki batang yang agak lurus ke atas, tak bercabang, serta tak memiliki kandungan kambium daunnya berbentuk memanjang serta mempunyai tulang daun yang sejajar. selain itu manfaat air kelapa bisa di jadikan alternatif sebagai cara pengobatan penyakit jantung. Bunga kelapa Suka disebut menjadi mayang, di mana setiap pohon kelapa memiliki bunga jantan serta bunga betina. Sedangkan pohon ini akan mulai menghasilkan buah tatkala usianya mencapai 8 tahun.

Tips Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini

Cara Membuat Bonsai Kelapa seharusnya di mulai dari pencarian bibit atau bakalan yang unggul agar kelak bonsai yang di hasilkan itu bisa menghasilkan nilai jual yang bagus dan tentunya keunikan dan keindahannya masih terasa alami. tips cara membuat bonsai kelapa mini dan bahan apa saja yang perlu di siapkan kita ulas sebagai berikut :

Mencari bibit yang baik

Carilah bibit kelapa yang sudah tua akan lebih baik bila kelapa tersebut dipetik langsung dari pohonnya, karena bibit yang tua lebih cepat tumbuh tunas. tetapi apabila bibit yang sudah terjatuh ke tanah itu akan menghasilkan bentuk yang kurang menarik dan bahannya mudah rapuh akibat terjatuh tadi.

akan tetapi cara sempurna untuk membuat bonsai kelapa yang memiliki kentos (batok) yang kecil dan juga memiliki akar yang besar, karena jika dilihat dari kentos yang kecil ini akan mempermudah membentuk batang yang sesuai di inginkan.

Menumbuhkan Tunas

Dalam menumbuhkan tunas ini, penentuan posisi batok menjadi hal yang penting. Harus diperhatikan bagian batok yang menjadi titik dasar perkembangan dan penentu bentuk bonsai kelapa anda. Peletakkan ini tergantung selera anda, anda bisa meletakkan batok secara berdiri atau secara miring, biasanya jika anda ingin bonsai anda berbentuk seperti keong penempatan secara miringlah yang harus anda lakukan.

Setelah posisinya pas letakkan bibit kelapa anda di tanah yang memiliki kelembapan tinggi. Siramlah bibit kelapa setiap hari sekali agar pertumbuhan bisa berjalan dengan baik. Dibutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk sebuah bibit kelapa bertunas.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Dengan Menentukan Posisi Batok Kelapa
Kelapa yang belum memiliki tunas sebaiknya ditempatkan di tanah yang lembab dan mengandung banyak air, sekitar 1-2 minggu biasanya kelapa sudah tumbuh tunas. Jika anda menginginkan bentuk kentos yang di kelilingi akar sebaiknya tempatkan kelapa dalam posisi berdiri (vertikal), tetapi jika anda menginginkan bentuk seperti keong maka tempatkan posisi tidur (horizontal), bentuk posisi kelapa sesuai imjinasi anda.

Pembersihan Buah

Tujuan dari proses ini agar bisa tampilan buah kelapa menjadi makin menarik. Tata caranya yakni gunakan pisau yang tajam atau bisa juga dikatakan untuk mengerok dari permukaan batok kelapa sampai bersih. Seusai itu, cara membuat bonsai kelapa gosoklah permukaan batok yang telah di sebutkan mempergunakan ampelas kasar. Sekali lagi kami ingatkan, kerjakanlah proses ini yang dengannya hati-hati supaya tak merusak bagian akar tanaman.

Membersihkan Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang baru dibersihkan ketika tunas kelapa ini sudah muncul. untuk memberishkan sabut dapat dengan cara mengupas dengan sayatan-sayatan bujur mengintari batok.

Ketika menyayat batok perlu berhati-hati agar tidak mengenai tunas dan akar yang baru tumbuh. Selanjutnya setelah disayat, dapat juga langsung dikupas semua sabut dari kelapa yang menempel pada batok kelapa.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Dengan Penanaman Bibit

Siapkan media tanam yng terdiri atas tanah, pasir, serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:2:1. Campurkan bahan-bahan ini supaya menyatu serta rata. Siapkan pot yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanami bonsai kelapa mini.

Masukkan media tanam ke pot setinggi 5 cm berlebih dahulu. Letakkan bibit kelapa ke dalam pot, lalu pertahankan posisinya mempergunakan tangan. Aturlah akar yang ada di bawah bibit yang telah di sebutkan supaya menyebar ke seluruh bagian pot. Seusai itu, masukkan media tanam kembali ke pot ini sampai-sampai memenuhi seluruh volumenya.

Penghiasan Bonsai

Terdapat beberapa tips yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghias bonsai agar bisa kelihatan lebih menarik. Kamu mampu memangkas daun yng telah tua ataupun bahkan membentuk daun yang telah di sebutkan mempergunakan cutter.

Cara Membuat Bonsai Kelapa di Bagian batok kelapa pula mampu dipernis bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuatnya tampak hitam mengkilap. Jangan tidak ingat lapisi juga bagian permukaan potnya mempergunakan pernis. Selain itu, Kamu pun bisa menanam lumut menjadi penutup media tanam menjadikan bonsai ini tampak seolah-olah telah berumur cukup tua.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang

Pelakuan terakhir tentulah perawatan supaya bonsai kelapa yang anda tanam tadi bercabang. Untuk membuat bonsai kelapa bercabang, saat tunas sudah tumbuh dan mengeluarkan satu daun baru, maka potonglah daun tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mencegah daun bonsai kelapa kita tumbuh keatas. Pemangkasan ini terus dilakukan secara rutin setiap tiga hari sekali. Cara Membuat Bonsai Kelapa Proses pemangkasan ini sebaiknya dilakukan secara hati hati agar tidak melukai tunas, Setelah beberapa kali dilakukan pemangkasan maka bonsai kelapa anda akan tumbuh cabang baru, akhirnya jadilah bonsai kelapa bercabang anda.

Dalam perawatan bonsai kelapa ini jangan lupa lakukan penyiraman setiap hari sekali dan pemupukan susulan setiap 1 bulan sekali. Anda bisa menggunakan pupuk organik cair untuk pupuk susulan ini.

Alternatif lain Cara Membuat Bonsai Kelapa

Cara Membuat Bonsai Kelapa Umumnya jenis kelapa yang akan dibuat mini dipilih menarik dan ukuran buahnya kecil, seperti kelapa gading atau kelapa hibrida. Kelapa Gading cukup menarik karena selain ukuran buahnya yang kecil, warna buah dan dedaunya cerah (gading kuning). Kelapa hibrida bisa digunakan karena ukurannya yang kecil dari buah dan warna daun berwarna hijau terang.

Pemilihan jenis kelapa serta bibit kelapa yang sesuai Ternyata tak semua jenis kelapa baik untuk dijadikan tanaman bonsai kelapa. Beberapa jenis kelapa yang bisa digunakan untuk karya seni ini adalah jenis kelapa gading seperti kelapa gading merah dan kelapa gading susu, serta kelapa albino.

Bila sudah menentukan pilihan jenis kelapa mana yang akan dijadikan bonsai, kini saatnya untuk cara membuat bonsai kelapa dengan memilih bibit yang tepat untuk bonsai kelapa Anda.

Pilihlah bibit kelapa yang tua terutama yang sudah matang pohon. Bibit ini akan cepat memunculkan tunas, dan biasanya memiliki usia yang panjang.

Cara Membuat Bonsai Kelapa dengan penanaman yang baik Bila tunas sudah keluar, tanamlah tunas pada pot dengan media tanam yang mencukupi. Sebelumnya bersihkan kelapa dari kotoran dan serabut yang menutupinya. Sayatlah tunas dari bonsai kelapa di bagian bawah perlahan-lahan iris dengan pisau yang tajam sebelum memulai menanamnya.

Pembentukan cabang bonsai Agar bonsai kelapa bisa tumbuh mini, teruslah lakukan penyayatan tunas sehari 3 kali cara ini membuat bonsai kelapa agar sehat. Sayat tunas yang sudah tua dan yang berada di posisi paling bawah.

Hati-hati agar tidak menyayat bagian tunas yang muda karena itu bisa menyebabkan pembusukan pada tunas dan merusak perkembangan bonsai kelapa Anda. Semoga bermanfaat.

Taken from various sources:Google kebun.web.id,kelapasawit7.blogspot.com,belajarbonsaii.blogspot.com,tipsbonsai.blogspot.com,nusabudidaya.com,http://pohonalam.com (Red)

Post a Comment

0 Comments