Touring Sepeda Wisata, Inilah Persiapan Pentingnya


Sepeda Gembira Guys

INDONESIA -
Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring Sepeda, Di Indonesia, olahraga bersepeda mulai banyak digemari. Buktinya banyak sekali komunitas sepeda yang bermunculan.

Bagaimana tidak, jenis olahraga sepeda memungkinkan setiap orang bersepeda sesuai kemampuan dan keinginan masing-masing, seperti sepeda gunung, sepeda santai, balap sepeda, hingga touring sepeda.

Dari keempat kegiatan bersepeda tersebut, touring sepeda merupakan sebuah aktivitas yang membutuhkan kekuatan fisik yang baik. Jarak tempuh yang sangat jauh (biasanya lebih dari 60km) dan juga cuaca yang sulit diprediksi membuat tur sepeda termasuk jenis olahraga yang membutuhkan persiapan khusus.

Salah satu contoh kegiatan tahunan touring sepeda di Indonesia adalah Tour de Pangandaran, dengan jarak tempuh ±110km dari kota Tasikmalaya hingga pantai Pangandaran.

Persiapan fisik menjelang touring sepeda:
1. Berlatih
Mulailah latihan sebelum tur dimulai. Semakin sehat tubuh Anda, semakin kecil kemungkinan untuk mengalami cedera awal. Untuk bersepeda jarak jauh, mulailah melatih diri Anda dari jarak yang pendek terlebih dahulu, kemudian tambah jarak hingga Anda terbiasa bersepeda pada jarak yang jauh.

Diagram pada totalwomenscycling.com, menunjukkan bagian otot kaki yang digunakan saat mengayuh sepeda selama 12 jam. Otot yang digunakan pada jam 1-4 adalah otot ekstensor panggul, jam 3-5 adalah otot ekstensor lutut, jam 5-6 adalah otot plantar fleksor pergelangan kaki, jam 6-8 adalah otot dorsifleksor pergelangan kaki, jam 8-10 adalah otot fleksor lutut, dan jam 10-12 adalah otot fleksor panggul.

Latihlah otot yang memiliki tugas terbanyak untuk mencegah cedera. Selain dengan melakukan latihan dengan bersepeda, Anda juga dapat melatih sekelompok otot besar sepanjang panggul (glutes) dengan menggunakan kettlebell.

2. Mengisi cairan tubuh
Tubuh yang terhidrasi penting untuk membantu Anda melawan rasa lelah dan menjaga energi agar tetap membara. Sebelum berangkat, pastikan ketercukupan cairan dalam tubuh Anda. Untuk menghindari dehidrasi, minum banyak air sebelum dan selama perjalanan, hindari minum minuman berkafein, bersoda dan beralkohol. Pastikan Anda membawa botol air minum selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi.

3. Makan makanan yang sehat dan jangan hindari karbohidrat
  
Makan makanan yang sehat sebelum mengikuti tur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, seperti protein, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit. Serta jangan lupa untuk tetap mengisi asupan makanan selama touring karena ketika berolahraga makanan akan cepat dicerna.

Ahli gizi olahraga, Nancy Clark menyarankan untuk tidak menghindari karbohidrat, karena dengan makan makanan berkarbohidrat sebelum dan saat berolahraga akan memberi otot asupan bahan bakar sehingga Anda tidak mudah lelah.

Track Langitan Ada Nih !!!
Perlu diketahui juga bahwa saat touring sepeda Anda akan membakar kurang lebih sebanyak 6.000 kalori. Jika Anda kekurangan asupan, Anda tidak akan kuat melanjutkan perjalanan. Jadi, makanan memiliki posisi yang lebih penting dibandingkan dengan latihan.

4. Melakukan peregangan
Ketika Anda melakukan peregangan otot, Anda akan melepaskan zat endorfin dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah nyeri dan cedera. Lakukanlah peregangan secara rutin (setiap pagi dan malam).

Persiapan materi menjelang touring sepeda:
1. Membawa obat-obatan
Cedera bisa terjadi kapan saja. Bawalah perlengkapan pertolongan pertama seperti cairan antiseptik, kasa, perekat, perban, salep, dan obat-obatan pribadi lainnya. Anda pasti akan mengalami memar atau lecet, terutama luka yang diakibatkan oleh sadel, sehingga bawalah pelumas untuk berjaga-jaga.

2. Memastikan cuaca dan arah angin
Angin dapat menjadi teman atau musuh Anda. Jika angin berembus ke arah tujuan Anda, Anda akan terbantu untuk melaju lebih cepat. Namun sebaliknya, jika angin berhembus ke arah yang berlawanan, Anda akan memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mengayuh sepeda.

Lalu, karena Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim panas, Anda harus membawa jas hujan untuk melindungi tubuh dan tas Anda selama perjalanan. Pakailah topi, sun block dan kacamata hitam  untuk melindungi Anda dari sinar ultraviolet matahari.

3. Memastikan sepeda nyaman dipakai
Kenyamanan dalam bersepeda tergantung pada ukuran batang sepeda, tinggi sadel, dan posisi stang. Teknik terbaik untuk mendapatkan ukuran yang nyaman adalah dengan pergi ke toko sepeda dan mintalah bantuan seseorang yang merupakan ahli sepeda.

Posisi stang dan sadel yang salah akan mengakibatkan kesemutan, dan nyeri atau mati rasa pada jari atau pergelangan tangan/kaki Anda. Gunakan pula sadel yang baik untuk mencegah nyeri pelana.
Oleh Adinda Rudystina
Source: bangsamandiri.com

0 komentar:

Post a Comment