Bulan Puasa Dan Menjelang Lebaran Stok Pangan Di Blora Cukup

Stok Pangan Cukup

INDONESIA - Kesediaan pangan selama bulan Puasa dan menjelang lebaran di Kabupaten Blora menurut Kepala Pertanian dan Ketahan Pangan  Ir Reni Wijayanti di tahun 2018 ini di rasa masih Aman .           

Disisi lain kasi Kesiapan  ketahanan pangan Sudarman menyampaikan sampai saat ini pihaknya belum punya data terkait stok beras yang di gudang swasta yang bekerja sama dengan Bulog, karena Dinas Pertanian hanya boleh memantau tidak punya kewenangan untuk masuk kedalam menanyakan stok dan memeriksa isi gudang,

Kewenangan kami hanya memiliki data dan memantau gudang Bulog dan gudang beras milik Pemkab,” kata Sudarman.

Katanya, Sementara  gudang Bulog sampai saat ini stok beras selama bulan puasa masih sangat cukup.

Dengan tegas Anggota  Komisi B Agus Untoro yang ngetren dengan panggilan Un ini  mengatakan di saat musim Panen kenapa Bulog berhenti menyerap gabah Petani  .
Dengan alasan stok beras menumpuk, padahal petani saat ini baru musim panen,” tandasnya.

Sementara itu, Susanto anggota Komisi B DPRD Blora, juga menyayangkan pemberhentian penyerapan gabah oleh Bulog tersebut.

“Dikarenakan sangat diharapkan adanya peningkatan penyerapan gabah, walaupun tidak berpengaruh terhadap harga gabah petani,” ucap Susanto.

Ketupat Jawa Nih...
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  Ir Reni Wijayanti juga mengatakan adanya pemberhentian penyerapan gabah dari Bulog itu di karenakan beralih Perusahaan dari Bulog ke Sucofindo dan masih dalam masa transisi. 

Namun dengan adanya hal tersebut  tidak mempengaruhi harga Gabah kering Panen (GKP),” jelas Ir Reni Wijayanti.

Lanjutnya, Stok gabah di gudang milik Pemkab sampai dengan bulan Mei 2018 32.250 Ton gabah kering giling (GKG).

“Kegunaan stok gabah di gudang beras Pemkab adalah untuk situasi darurat, atau jika Bupati memerintahkan untuk kebutuhan mendesak, bencana alam, dan lain-lain yang sifatnya mendesak,” pungkas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora. (RED)

0 komentar:

Post a Comment